Keutamaan Memberi Nafkah Keluarga

Apa saja keutamaan memberi nafkah keluarga? Suami atau seorang ayah merupakan seorang pemimpin dalam rumah tangga yang memiliki tanggung jawab utamanya adalah memberikan nafkah keluarga.

Seorang suami harus mencari nafkah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas untuk mendapatkan pahala yang mulia. Karena ada banyak keutamaan yang besar dalam memberikan nafkah keluarga.

Keutamaan Memberi Nafkah Keluarga

Berikut ini ada beberapa keutamaan memberi nafkah keluarga yang bisa seorang ayah atau suami ketahui :

1. Memberikan Nafkah Keluarga Lebih Utama Dibanding Sedekah Sunnah

Keutaman yang pertama dari memberikan nafkah keluarga tercantum dalam HR. Muslim no. 995 yang didalam hadist tersebut menjelaskan memberikan nafkah untuk keluarga maka akan mendapatkan pahala yang besar dibandingkan sedekah sunnah lainnya.

2. Mendapatkan Pahala Yang Besar

Hadits keutamaan memberi tentang sedekah kepada keluarga dari HR. Bukhari no. 56. Yang didalamnya menjelaskan keutamaan memberi nafkah keluarga suami bisa mendapatkan pahala yang besar.

Jadi saat mencari nafkah niatkanlah berkeja dengan ikhlas karena Allah. Jadi jika suami mencari nafkah setiap hari hanya dilakukan sebagai rutinitas biasa dan memenuhi kewajiban sebagai suami tanpa ada niatan ikhlas karena Allah maka belum tentu yang suami lakukan tersebut mendapatkan pahala dari Allah SWT. Karena pahala bisa kita dapatkan juga tergantung dari niatnya.

3. Akan Diganti Yang Lebih Baik oleh Allah SWT

Keutamaan memberi nafkah ketiga ini tercantum pada HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010 yang membahas tentang mencari nafkah untuk keluarga termasuk berinfaq.

Sehingga Allah akan menjadikan harta yang dikeluarkan tersebut menjadi lebih berkah dan berlimpah serta Allah SWT akan mengganti harta terebut dengan yang lebih baik.

4. Mencari Nafkah Adalah Sedekah

Keutamaan lainnya yang bisa suami atau ayah dapatkan dari memberi nafkah keluarga adalah apa yang harta yang dikeluarkan maka termasuk dalam sedekah. Jadi apa yang engko berikan kepada anak dan istrimu maka akan dinilai sebagai sedekah. Memberikan nafkah adalah sedekah ini termasuk disebukan pada H.R. Ahmad.

Allah SWT akan memberikan janji kepada yang memberi nafkah keluarganya dengan ikhlas pahala yang berlimpah.

5. Mencari Nafkah Merupakan Tanggung Jawab Seorang Suami

Setiap suami akan memiliki tanggung jawab atas keluarga nya sendiri, sehingga segala kebutuhan keluarganya adalah tanggung jawabnya. Apakah suami dapat memperhatikan dengan baik keluarganya atau malah melalaikannya.

Dengan bertanggung jawab memberi nafkah keluarga maka, Allah akan menjanjikan banyak pahala yang akan diberikan kepadanya. Karena sudah bertanggung jawab dengan baik sebagai sosok seorang suami dan pemimpin keluarga yang baik.

Memberi Nafkah Keluarga atau Orang Tua Yang Lebih Diutamakan?

Ketika orang tua kita sudah semakin udzur dan sudah tidak sanggup lagi untuk mencari nafkah sendiri manakah yang kita utamakan untuk diberikan nafkah? Perlu kamu ketahui bahwa memberikan makan kepada kedua orang tua lebih diutamakan dibanding memberi nafkah pada kaum dhuafa.

Karena syarat utama orang memberikan nafkah dalam bentuk sedekah adalah kepada orang yang terdekat lebih dahulu. Ini juga menunjukan bakti kita sebagai seorang anak kepada orang tua.

Lalu bagaimana jika kamu sudah berkeluarga dan orang tua sudah tidak bekerja sendiri? Jawabanya adalah tergantung mana yang lebih membutuhkan. Jika keluarga sendiri lebih kekurangan maka bisa mengutamakan keluarga sendiri.

Tetapi jika orang tua lebih membutuhkan, maka utamakanlah orang tua. Jika nafkah yang didapatkan terbatas, bisa membaginya secara adil untuk keluarga dan orang tua.